WORKSHOP IHT IKM SMP MUTIARA SINGARAJA

Pandemi Covid 19 membawa banyak sekali dampak dalam berbagai sektor, salah satunya adalah bidang pendidikan.  Ketertinggalan pembelajaran atau yang dikenal dengan learning loss dimasa pandemi ini menjadikan tantangan bagi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) untuk melakukan upaya pemulihan pembelajaran.  Salah satu upaya yang dilakukan Kemendikbudristek guna mengatasi permasalahan learning loss adalah  mencanangkan Kurikulum Merdeka.  Inti dari Kurikulum Merdeka adalah Merdeka Belajar. Konsep ini dibuat untuk memberikan kemerdekaan bagi guru dan anak yang selama ini kurang leluasa didalam proses belajar dan mengajar.

Keunggulan dari Kurikulum Merdeka adalah lebih sederhana dan mendalam (belajar menjadi menyenangkan dan tidak terburu-buru), lebih relevan dan Interaktif (memberikan kesempatan yang lebih luas kepada peserta didik untuk secara aktif mengeksplorasi isu-isu aktual) juga lebih merdeka (bagi peserta didik tidak ada program peminatan dan dapat memilih mata pelajaran sesuai minat, bagi guru dapat mengajar sesuai tahap capaian dan perkembangan peserta didik).

Menindaklanjuti Program Pemerintah tentang Kurikulum Merdeka, maka SMP Mutiara Singaraja melaksanakan IHT Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) pada tanggal 21 sampai 23 Juni 2022 yang bertempat di SMP Mutiara Singaraja, diikuti oleh Semua guru.  Kami menghadirkan nara sumber dari Pengawas Managerial Bapak Drs. Agung Oka Yadnya, M.Pd dan salah satu guru dari SMP Mutiara yaitu Made Gusta Sukadana sebagai narasumber di Hari pertama tanggal 22 juni 2022. Acara dimulai pukul 08.30 WIB, diawali dengan pembukaan oleh Ibu Kepala Selokah Ahyah Nuri, S.Pd,M.Pd dan menyanyikan Indonesia Raya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.